SMP NEGERI 1 KADUR

Solusi Terbaik Meraih Cita-Cita Masa Depan

Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

PROGRAM INOVASI SMPN 1 KADUR TAMBATAN HATI ( TANAMAN OBAT UNTUK KESEHATAN DAN BERKHASIAT TINGGI )

PROGRAM INOVASI SMPN 1 KADUR TAMBATAN HATI ( TANAMAN OBAT UNTUK KESEHATAN DAN BERKHASIAT TINGGI )



Latar Belakang 

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman yang biasa ditanam atau dibudidayakan di pekarangan dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional. Menanam TOGA merupakan pola hidup sederhana yaitu memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang bias dijadikan obat herbal dalam kehidupan sehari-hari karena setiap tumbuhan tersebut mempunyai manfaat tersendiri untuk mengobati penyakit tertentu, sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia.

Di SMPN 1 Kadur, kebun TOGA diwujudkan untuk memanfaatkan lahan kosong yang terbengkalai di depan dan belakang ruang kelas. Selama ini, lahan di belakang ruang kelas hanya ditumbuhi tanam liar dan menjadi tempat pembuangan sampah bagi siswa. Dengan adanya program ini, lahan tersebut bisa lebih bermanfaat dan tampak lebih hijau dan subur. Kegiatan ini juga untuk mengenalkan berbagai jenis tanaman obat-obatan kepada siswa dan mengetahui manfaat obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan tersebut. . Selain itu,  taman TOGA ini juga sebagai sarana membelajarkan siswa untuk cinta lingkungan dan budidaya tanaman.

Permasalahan : Siswa belum mengetahui jenis tanaman TOGA, manfaat, dankhasiat yang terkandungdariberbagaijenis TOGA . Misalnya, banyaksiswa yang tidak mengetahui bahwa tanaman jahe bisa menyembuhkan masalah terkait dengan pencernaan dantenggorokan, kunyit bisa menyembuhkan penyakit gula darah, temulawak bisa mengatasi ostheopartis, dll .Siswa juga elum memahami bagaimana cara mengolah tanaman TOGA menjadi obatdan produk yang bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya, hasil  tanaman tersebut bias diolah menjadi produk minuman atau obat  yang bias diolahs endiri secara mandiri.

Dari permasalahan diatas kami SMP Negeri 1 Kadur berinisiatif untuk melakukan inovasi dibidang kesehatan yang difokuskan pada pemanfaatan tanaman obat keluarga ( TOGA ) yang kami kemas dengan kegiatan “ TAMBATAN HATI “ ( Tanaman Obat Untuk Kesehatan dan Berkhasiat Tinggi ).

Fokus Program

Berdasarkan tersedianya lahan kosong yang bisa dimanfaatkan dan diberdayakan serta ketersediaan sarana pendukung di SMP Negeri 1 Kadur, maka program “ TAMBATAN HATI “ difokuskan pada:

1.         Bagaimana prosedur pelaksanaan penanaman TOGA ?

2.         Bagaimana kegiatan perawatan TOGA ?

3.         Bagaimana pemanfaatan hasil penanaman dan perawatan TOGA  ?

Tujuan Program

Tujuan kegiatan penanaman TOGA ini antara lain :

1.      Meningkatkan keaktifan dan ketertarikan dalam mengembangkan pemanfaatan tanaman obat keluarga.

2.      Meningkatkan pengetahuan tentang manfaat/khasiat tanaman obat keluarga yang ditanam di lingkunganrumahdan sekolah.

3.      Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dengan penanaman tanaman obat keluarga.

4.      Menciptakan kondisi yang baik di sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

5.      Mampu menghasilkan sebuah kary aberup aproduk dari hasil tanaman obat yang ditanamnya


PERSIAPAN LAHAN TOGA

 







PENANAMAN TANAMAN OBAT


 

        



PERAWATAN TANAMAN OBAT



 

PANEN TANAMAN OBAT




PENGOLAHAN TANAMAN OBAT







HASIL PRODUK TANAMAN OBAT

 



 


3 komentar:

  1. Terus semangat berinovasi demi kemajuan sekolah

    BalasHapus
  2. Memanfaatkan lahan di sekolah untuk budidaya tanaman obat sangat bagus dan inovatif, sekaligus memberikan pembelajaran pada siswa tentang pemanfaatan pekarangan untuk kebutuhan. 👍👍

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]