SMP NEGERI 1 KADUR

Solusi Terbaik Meraih Cita-Cita Masa Depan

Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

PELAKSANAAN SOSIALISASI 3 DOSA BESAR DI SMPN 1 Kadur

PELAKSANAAN SOSIALISASI 3 DOSA BESAR DI SMPN 1 Kadur



Pada hari jum'at tanggal 06 Oktober 2023 di SMPN 1 Kadur melakukan sosialisasi 3 dosa besar untuk semua siswa yang di paparkan oleh kakak mahasiswa kampus mengajar.

Kenapa Di sebut Tiga Dosa Besar?

Hingga detik ini, Tiga Dosa Besar berupa :

Kekerasan seksual, perundungan dan intoleransi.

menjadi permasalahan yang belum kunjung usai. Hal ini menggugah para warga pendidikan, agar bisa menggeliat melihat berbagai kasus yang terjadi. Kasus kekerasan anak dalam rumah tangga, perundungan dan penelantaran peserta didik karena harus segera ditangani demi keselamatan masa depan generasi penerus bangsa Indonesia. Tiga hal ini yaitu perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi tak hanya menghambat terwujudnya lingkungan belajar yang baik, tetapi juga memberikan trauma yang bahkan dapat bertahan seumur hidup seorang anak!

Kekerasan Seksual

Berdasarkan jenisnya, kekerasan seksual dapat digolongkan menjadi kekerasan seksual yang dilakukan secara:

verbal, nonfisik, fisik, dan daring atau melalui teknologi informasi dan komunikasi.

Contoh Bentuk Kekerasan Seksual

Selain pemerkosaan, perbuatan-perbuatan di bawah ini termasuk kekerasan seksual.

-          berperilaku atau mengutarakan ujaran yang mendiskriminasi atau melecehkan penampilan fisik, tubuh ataupun identitas gender orang lain (misal: lelucon seksis, siulan, dan memandang bagian tubuh orang lain)

-           menyentuh, mengusap, meraba, memegang, dan/atau menggosokkan bagian tubuh pada area pribadi seseorang

-          Mengintip orang yang sedang berpakaian

-          Membuka pakaian seseorang tanpa izin orang tersebut

-          Mengirimkan lelucon, foto, video, audio atau materi lainnya yang bernuansa seksual tanpa persetujuan penerimanya dan/atau meskipun penerima materi sudah menegur pelaku

-          Menguntit, mengambil, dan menyebarkan informasi pribadi termasuk gambar seseorang tanpa persetujuan orang tersebut.

 




Perundungan / Bullying

Segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara berulang dikenal dengan istilah perundungan.

Contoh Bentuk Perundungan/Bullying:

       Perundungan Fisik

       Perundungan Verbal

       Perundungan Relasional

       Vertical Bullying.


Intoleransi

Dosa besar lainnya dalam pendidikan yaitu intoleransi, salah satu kasus yang terjadi di Indonesia yaitu penyerangan terhadap rumah ibadah, timbulnya berbagai pergerakan fanatisme untuk melawan pemerintah.

Kasus intoleransi masih sering terjadi di sejumlah sekolah di Indonesia. Padahal sejatinya, sekolah merupakan tempat disemainya pemahaman dan pemaknaan kemajemukan sebagai identitas dan kekayaan bangsa.

Apa Dan Bagaimana Solusi Tiga Dosa Besar Pendidikan

 

Dibutuhkan kolaborasi antara Disdik, pihak sekolah, Forum OSIS, guru BK (Bimbingan Konseling) dan peran orang tua. Dan saat ini dengan adanya SIDINA COMMUNITY dan Ibu Penggerak, bisa membantu penanganan permasalahan agar bisa segera diatasi.

“Kemendikbudristek telah mengeluarkan Permendikbud No. 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan sekolah. ”

Peraturan itu bertujuan untuk menciptakan kondisi proses pembelajaran yang aman, nyaman, dan menyenangkan, serta menghindarkan semua warga di lingkungan sekolah dari unsur-unsur atau tindakan kekerasan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]